Senin, 17 Juli 2017

Artikel Pilihan - Konsultasi Kandungan : Efek Minum Kopi Untuk Ibu Hamil

Konsultasi Kandungan : Efek Minum Kopi Untuk Ibu Hamil. Saat memiliki kandungan, seseorang perempuan mesti betul-betul memerhatikan konsumsinya. Nah, satu diantara konsumsi yang sering kali tidak dianjurkan untuk perempuan hamil yaitu kopi. Apa sich efeknya bila ibu hamil minum kopi? Pada session Konsultasi Kandungan detikHealth, pertanyaan sekitar efek konsumsi kopi waktu hamil jadi satu diantara pertanyaan terpopuler kapsul kopi hijau pelangsing selama 2014.

Umpamanya pertanyaan yang dilayangkan Fitri Yuliana, perempuan menikah (23). Ia mengakui sebelum menikah serta hamil seringkali konsumsi kopi. Namun sejak suaminya ketahui kehamilan itu, sang suami lalu melarangnya konsumsi kopi. iSebenarnya kadang-kadang saya masih tetap sukai minum kopi untuk kadang-kadang namun tidak sehari-hari. Yang ingin saya tanyakanlah adalah seberapa bahayakah kapsul kopi hijau pelangsing untuk kandungan saya? Bagaimana langkahnya untuk dapat menyingkirkan hasrat minum kopi?/iMenurut dr Hari Nugroho, SpOG, pengasuh Konsultasi Kandungan detikHealth, kerapkali wanita berumur 23 th. ketagihan kopi.

Nah, mengkonsumsi kopi pada ibu hamil beresiko terjadinya penambahan cafein serta metabolit didalam darah janin serta cairan ketuban (terkecuali darah ibu tentunya). Kekuatan ibu hamil untuk metabolisme cafein juga alami penurunan karena kehamilan, serta terendah kekuatannya pada trimester ke-3. " " Kopi yang diminum oleh ibu bisa menyebabkan kenaikan detak jantung janin serta penambahan kesibukan pernafasan dalam rahim, " " ungkap dr Hari dari RSUD dr Soetomo yang berprofesi jadi dosen di Kampus Airlangga. Ia memberikan terdapat banyak riset tentang dampak kopi pada kehamilan. Umpamanya pada 2011 dikerjakan riset jalinan kopi dengan keguguran.

Satu riset mengatakan meminum kopi sejumlah 8 sampai 10 cangkir (sekitaran 1. 000 mg cafein) tidak diketemukan ada resiko keguguran waktu kehamilan. Namun pada riset beda disebutkan ada peluang problem kongenital yang bertambah jika konsumsi kopi lebih dari 300 mg /hari. " " Riset mengenai kopi serta kehamilan memanglah tidaklah terlalu banyak, namun beberapa pakar setuju untuk membatasi mengkonsumsi kopi untuk wanita yang menginginkan hamil, juga akan hamil, hamil serta menyusui untuk membatasi mengkonsumsi kapsul kopi hijau pelangsing cafein kurang dari 200-300 mg /hari, " " tambah dr Hari.

Menurut dia, kandungan cafein bukan sekedar ada didalam kopi, namun banyak pula diketemukan pada makanan atau minuman yang dikonsumsi keseharian. Umpamanya minuman teh (sekitaran 50 mg per cangkir), minuman soda berpemanis (sekitaran 35 mg per cangkir), dan minuman tambah energi. Diluar itu, di orang-orang juga berkembang bermacam pantangan yang belum juga dapat dibuktikan dengan ilmiah. Umpamanya ibu hamil dilarang mandi pada malam hari. Masalah ini dr Hari mengakui belum juga sempat membaca riset atau jurnal mengenai bahaya mandi malam untuk ibu hamil. " "

Asumsinya tak ada problem hingga jam berapapun, untuk suhu air yang baik baiknya yang nyaman, tidaklah terlalu panas serta tidaklah terlalu dingin. Tak ada ketetapan suhu berapakah yang dianjurkan untuk kenyamanan ibu hamil. Hal semacam ini bisa sesuai dengan suhu di sekelilingnya. Meskipun memanglah banyak yang merekomendasikan bila ibu hamil janganlah berendam di suhu yang sangat panas, " " tutup dr Hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar